Jumat, 11 Desember 2015

Nguyen Vo Giap

Nguyen Vo Giap adalah seorang Jenderal perang Vietnam, ahli perang gerilya, orangnya sederhana, tegas, berani dan berotak cemerlang. Dia sangat ditakuti lawan, tak heran Jepang, Perancis dan Amerika pun jera dengan kehebatan Giap.

Thn 1952 Giap saat itu berpangkat Kolonel tengah mengadakan perundingan gencatan senjata dgn Perancis. Pd waktu itu dimeja perundingan ada beberapa mangkok yg berisi air, tetapi bukan untuk diminum, air tersebut khusus untuk kobokan tangan (sesuai tradisi perundingan militer continental). Entah krn tdk tahu, atau krn haus Giap meminum air kobokan tsb sampai habis. Semua org heran melihat Giap dan tentunya pihak lawan mencibir bahkan senyum tertahan. Didepan Giap duduk seorang berpangkat kolonel Perancis yg bernama Piroth, melihat hal itu Kolonel Piroth mengambil mangkok kobokan itu dan meminumnya, semua org mengerti maksud kolonel Piroth . Maka para perunding yg ada disana serentak mengambil mangkok kobokan tsb dan meminumnya. Pelajaran bagi saya dan semua orang adalah bagaimana cara menutupi rasa malu orang didepan banyak orang.

Cerita tdk berhenti disana………

Thn 1953, Peperangan antara Perancis dan Vietnam terus berlangsung, pasukan Giap yg gagah berani merangsek masuk kota Luang Phrabang, membantai semua para prajurit2 Perancis yg masih bertahan, berhari2 bertempur pasukan Perancis terus terdesak kalah. Di sudut kota Luang Phrabang kebetulan ada Kolonel Piroth yg compang camping memimpin sisa pasukan, tatkala Giap sdh berada dekat sekali dgn pasukan Perancis yg dipimpin Piroth , dan hanya tinggal selangkah lagi mencapai kemenangan., Giap memberi komando untuk mundur. Sontak para bawahannya bertanya kemenangan sudah didepan mata kenapa Giap menyuruh mereka mundur.? Giap hanya berbicara pelan “kalau seorang Kolonel terbunuh di medan pertempuran itu bukanlah peperangan melainkan pembantaian “ Akhirnya pertempuran di Luang Phrabang yg heroik itu tak pernah selesai.

Dan saya tahu Giap...anda melakukan itu krn Kolonel Piroth telah menutupi rasa malu anda dulu.,dan anda berperilaku bijaksana meskipun banyak org yg tidak mengerti itu..bagi Giap bukan soal peperangan dan perselisihan tetapi soal kebaikan akan berbuah kebaikan..duuh Giap semangkok air kobokan dibalas dgn ratusan nyawa prajurit. Bagiku anda tetap pemenang….(KUP Ir-1 9/03/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teng

Cantik menawan, terkenal, dan kaya, Itulah Teng Lie Chin atau yg lebih terkenal dgn sebutan Teressa Teng. Mungkin generasi saya ke a...