Jumat, 11 Desember 2015

Sejarah Jalan di Bandung


Daripada pengalaman ini saya simpan, lebih baik saya share spy nanti ada yang bisa menambahkan, bahkan mengoreksi tulisan saya ini. Ke akuratan dari tulisan ini saya jamin 90%, karena saya senang sekali dgn sejarah, senang ngobrol2 sampai larut malam di warung kopi, senang mendengar pengalaman dari orang2 yang lebih tua, bahkan sejarah2 ini saya dapatkan dari orang yang berinteraksi langsung dgn saya, ini membutuhkan waktu lama sekali, bahkan puluhan tahun dapat saya rangkum spt ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Saya akan mulai dengan nama jalan dimana saya dibesarkan…hehehe 
Jl. Pagarsih….
Informasi ini jalan ini lebih banyak saya dapatkan dari P.Adun (alm ) , pedagang Roti bakar dan kopi susu di siliwangi dari tahun 1951. Dan satu lagi P.Karma (pedagang kopi susu di Maskardi dari tahun 1955)….konon jalan Pak Garsih itu sdh ada sejak tahun 1930 belum selebar sekarang jalannya…diperkirakan dia adalah tuan tanah serta orang yang berjasa membangun pintu air di sungai Citepus, yang berfungsi untuk mengairi pesawahan kebon kangkung dan kebon kelapa yang ada di daerah tersebut. Maka dibuatlah pintu air yang melekuk ke arah jl.bbk Irigasi sekarang( Bahasa sunda Ulekan…maka ada pasar Ulekan di daerah itu sampai sekarang )…Rumah Pak. Garsih sendiri diperkirakan di depan Gg. Mastabir yang di belakangnya ada Health and strength ( dulu ada Toko ban Good Year ), dan tanahnya membentang dari Gg. Citepus sekarang s/d Gg.Nyi empok ( konon nyi Empok adalah istrinya…menurut P.Karma )..Pak. Adun cerita waktu kecil +/- thn 1940an jl.Pagarsih masih banyak kebon Kangkung, dan kalau memanggil teman dari siliwangi sampai ke pasar ulekan masih terdengar teriakannya karena waktu itu memang msh sepi penduduknya. 
Jl.Situ Aksan
Konon merupakan sisa dari danau purba di kota Bandung…tetapi pemiliknya ternyata Haji Aksan , sang tuan tanah pada waktu itu, putrinya bernama Suryani jadi nama jalan.Suryani , tanahnya diperkirakan dari jend.Sudirman samapai ke Pasar Cangkring Cibuntu….H. Aksan meninggal dan dikebumikan ditengah2 danau tersebut, dulu danau tersebut ramai sekali dikunjungi pada waktu perayaan Pe Cun…mungkin sekitar yahun 1980 areal tersebut dijadikan perumahan.

Jl. H.Safari
Anaknya Haji. Suhakri Safari adalah bekas guru saya H. Obih Ismail .SE (alm)…Jln tsb merupakan pemberian warga setempat atas ketokohan H.Safari dalam membangun daerah tsb. Terlebih lagi H,Safari adalah tokoh masyarakat disana.
Jl. K. Natawijaya
Seorang Tuan tanah juga yang konon adalah saudara dari P. Garsih ( menurut mang Ade /alm seorang pencukur rambut berdiri )
Jl. Kalipah Apo
Menurut cerita dia seorang kalipah( penyebar agama Islam) yang pernah bertempat tinggal disana…kemungkinan Mesjid Persis adalah rumah tinggalnya …dan mendirikan Pasantren yg sampai sekarang masih berdiri.

Dan selebihnya adalah penggalan2 cerita dari mulut ke mulut
Gg. Mukalmi…..menurut salah seorang cicitnya (tidak perlu disebut namanya),,,berasal dari kata Ambu. Kalmi maksudnya dalam bahasa Indonesia Eyang Kalmi…jadi sampai sekarang namanya Gg. Mukalmi
Sendawa….daerah sekolah Swadaya merupakan tempat dimana orang Jawa dan orang sunda bercampur baur…mungkin namanya SUNDAWA kependekan dari Sunda dan Jawa..Informasi dari P. Medi dan Engkong Heru yg dari tahun 1946 menetap disana… Orang2 perantauan Jawa sendiri akhirnya banyak yang menjadi tokoh masyarakat di daerah itu dgn menyebar dan menjadi tuan tanah pula spt Mas.Kardi, Mas Tabir. Sedang orang Sunda yang punya tanah banyak spt Raden. Sastra, Pak Oyon, . H.Onong. H. Holili, Indik, dll
Gg. Siti Mariah..wow ini tuan tanah yag kaya raya sekali, mempunyai kebon kelapa yang luas di daerah dekat depan swadaya membentang ke Jamika, peninggalan kebon kalapanya pd tahun 1990 masih terlihat di daerah yg sekarang ada GOR Badminton. Tp sekarang sudah jadi perumahan padat
Gg.Luna….menurut Ko. Keng Tjoen ( alm) yg pernah mengadakan pengobatan gratis di seberang Apotik Andir,,yg juga seorang cucu dari Gouw Lung An..ada kemungkinan karena lidah orang Sunda sulit melafalkan Lung an maka daerah tersebut dinamakan Luna…nama dari seorang tokoh masyarakat Tionghoa diderah itu….Lung An sendiri adalah anak dari Gouw Kam Suy yang pernah dijadikan nama Gg juga didaerah disana.

Mungkin lain kali saya teruskan dgn yang lebih luas….dari Tuan tanah seorang Hajjah kaya raya di daeran Naripan Ibu Bandung, dari tuan tanah Cicadas Asep Berlian…jg tentang tuan tanah lainnya spt Yo Sun Bie dan Yo Giok Sie , Goan An, Yap Lun, Souw Cin Kie dan Ang Tie Seng yg terkenal …sekian ( Post By: Irwan Tjia 8/11/2011)

Teng

Cantik menawan, terkenal, dan kaya, Itulah Teng Lie Chin atau yg lebih terkenal dgn sebutan Teressa Teng. Mungkin generasi saya ke a...