Rabu, 04 Juli 2018

Bioskop jadul di Bandung

Para pecinta film layar lebar/Bioskop di Bandung tempo doeloe. Mari kita set back sedikit kebelakang, pada awal tahun 70an dan akhir 90an. Saya ingin berbagi kenangan dengan kalian semua khususnya orang Bandung, yang suka nonton Film2 di bioskop. Ada kenangan tersendiri bila kita ingat atau pernah menonton bioskop disatu tempat, dilain pihak tempat tersebut sudah tidak ada lagi atau berfungsi menjadi gedung lain, kenangan yang mengasyikan tentunya.

1.Bioskop Capitol di.Jl.Jend.Sudirman.sekarang sudah menjadi bangunan Ruko, di bongkar sekitar tahun 1982. Dulu bioskop itu sering memutar film2 Hongkong, yaitu Film Silat klasik dengan bintang Film seperi; alm Teng Kuang Yung, alm Fu Shen, Wang Yu, Chen Kuan Tai, Tilung, Wang Tao, dan Huang Ceng Lie (konon namanya berubah menjadi Billy Chong kemudian Willy Dozan yakni suami Betharia Sonata). Era tersebut adalah akhir dari zaman keemasan film2 Kungfu yang mana kemudian berganti dengan Film Hongkong Modern dengan Bintang film seperti Couw Yun Fat, Liu Tek Hua/Andi Lau , Chen Lung/ Jackie Chan, dll.

2.Bioskop Texas di Jl.Jend sudirman sebelah Capitol,dibongkar tahun 1983 menjadi Ruko,ini adalah bioskop kelas 2 setelah Capitol yang sering memutar Film2 Kungfu, biasanya setelah tidak diputar di Capitol maka kemudian di putar di Texas. Terakhir sering memutar Film2 India. Kenangan Film India dengan bintang2 Film seperti Dharmendra, Sunil Dut, Shahsi Kapoor, Amitabh Bachan, Hemamalini atau Amjad Khan yang sering menjadi tokoh antagonis.

3.Bioskop Hawai Misbar (Gerimis Bubar ) di.Jln Cibadak depan soto Ojolali, atau dibelakang Bioskop Capitol dan Texas. Tutup sekitar tahun 1978 jadi ruko. Saya ingat waktu kecil bersama ayah saya ketika mau nonton di Hawai sebelumnya makan dulu di soto Odjolali supaya tidak masuk angin soalnya bioskopnya Misbar.

4.Taman Senang.bioskop misbar dijalan Pagarsih depan Gg. Mukalmi,dibongkar sekitar tahun 1980 jadi ruko. Saya sering juga nonton disana karena kebetulan dekat rumah, terakhir kali nonton disana saya ingat Film Letnan Harahap.

5.Siliwangi dan Taman Siliwangi. diperempatan jl.Pagarsih dan jl.Astana anyar, ditutup sekitar tahun 1983 jadi pertokoan.

6.Luxor dan Taman Riang. dijalan Kebonjati bangunan Art deco yang sayang sekali dibabat habis,tutup sekira tahun 1980,kini jadi pertokoan Luxor permai.

7.Roxy.di jalan belakang pasar tutup sekitar tahun 1978.

8.Braga Sky di Jalan Suniaradja dekat perempatan Braga. Tutup tahun 1980.kini menjadi arena diskotik.

9.Panti Karya di jalan Merdeka depan BIP, kini area parkir tutup sektar tahun 1982,saya ingat pernah nonton Film Chipsnya Warkop tahun 1980an. 

10. President di jalan Braga dekat Pintu lintasan Kereta api ditutup tahun 1980an sekarang menjadi perkantoran.

11.Pop di jalan Braga depan bioskop President,ditutup sekira tahun 1983 sekarang menjadi Landmark convention Centre.

12.Bandung theatre di pasar kosambi, sempat bertahan berganti nama menjadi Bandung 21 akhirnya tutup total tahun 1995.

13.Vanda Theatre di jalan Merdeka depan Polwiltabes Bandung, sekarang menjadi gedung BI tutup sekitar tahun 1984.

14.Elita , Nusantara , dan Aneka yang sekarang menjadi gedung Palaguna di sekitaran Alun-Alun Bandung 3 Bioskop berdampingan tersebut dipugar tahun 1980an kemudian hanya ada Nusantara dan Palaguna saja. Dulu kalau tidak salah 3 bioskop itu bernama Oriental, Varia, dan satu lagi lupa namanya.
sekarang semuanya sdh rata dengan tanah.

15.Dian Theatre. sisa2 dari bioskop jaman baheula yang tetap bertahan sampai dengan abad milenium tapi akhirnya tumbang juga sekira tahun 1998 beralih menjadi arena futsal dengan bangunan yang masih seperti dulu.

16 Majestic. jl. Braga depan hotel Braga nasibnya sama dengan Dian bertahan hingga tahun tahun mendekati 2000 namun akhirnya tidak dapat dipertahankan,sekarang menjadi gedung kesenian.

17. Bioskop Jamika di jln. Jamika sekarang Ruko tutup sekitar tahun 1981.

18. Bioskop Ramayana di jalan. Jend.sudirman/Raya Barat sekarang menjadi showroom mobil. tutup sekitar tahun 1984.

19.Sphink di jln. M.Toha.di atas banguna pasar Ancol

20. Kencana di Jln M.Toha dekat Tegalega

21. Mercy di Jl. Sudirman sekarang menjadi Perdatam

22. Bison di Jln Sukajadi sekarang menjadi pertokoan.

23. Taman Ria Tegalega di Jl. Otista depan terminal, skr jd lapangan

24. Artha / Citra di jl. Karapitan dekat Emong.

25.Plaza di Jl. ahmad Yani, tutup sekitar tahun 1995,sekarang pasar komputer

26. Kiara 21, di jln Kiaracondong. tutup sekitar 1998.

Ada koreksi atau ada yang mau menambahkan, atau sekedar ingin bernostalgia dengan Film2 jaman itu.
Diposkan oleh S.W Tjia di 23 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teng

Cantik menawan, terkenal, dan kaya, Itulah Teng Lie Chin atau yg lebih terkenal dgn sebutan Teressa Teng. Mungkin generasi saya ke a...