Rabu, 04 Juli 2018

We don’t have to say the word //by Gerard Joling

Gerard Joling penyanyi asal Belanda menciptakan lagu ini pd thn 1970 pada saat dia masih menjadi pengamen di café2 Amsterdam. Tatkala kemudian pada tahun 1985 Jan Sporeenberg pemilik Bar “Scinjndel huiss” melihat bahwa Gerard Joling pantas menjadi artis karena suaranya yg khas dan merdu mempromosikannya utk dibuat album rekaman.

Album pertamanya dia pilih lagu “we don’t have to say the word” yang diciptakannya 15 tahun yg lalu….dan kemudian sukses. Lagu ini meledak dipasaran bahkan lagu ini memenangi lomba kontes lagu “eurovision 85”, 
Tapi sejak saat itu Gerard Joling tidak pernah membuat album lagi. Gerard ternyata tidak suka dengan glamournya menjadi artis bahkan dia berkata “Bukannya saya tidak ingin populer, saya hanya ingin jadi diri saya sendiri, dan menjadi penghibur di cafe adalah bagian hidupku ,dan mungkin saja saya tdk suka dgn blitz kamera yg menyilaukan mata”. Akhirnya sampai akhir hayatnya Gerard Joling hanya menjadi penyanyi cafe yg sederhana.

Tahun 1986 pertama kali saya mendengar lagu ini di radio Chevi,..lagu yg sangat manis di dengar, hampir tiap hari lagu ini selalu di request pendengar Radio Chevi untuk di stel di setiap program acara..dan tentunya saya selalu menunggu utk mendengarkan..
Syairnya saya suka…puistis sekali…sangat dalam sekali,…” Kita tak perlu berucap ,,,perasaan kita yang berkata-kata”.
….eeemh tapi kadang kata2 jg perlu diucapkan. ( KUP 25/8/15 ir-1 )

We don’t have to say the word 

You don't have to say it / tak usah kau katakan
'Cause I know exactly what you feel / Karena aku pasti tahu bgmn perasaanmu
We don't have to say the words / Kita tak perlu berucap
We live by the love that's in our eyes / kita dihidupkan oleh cinta dalam mata kita
If we're feelinggood or bad / Walau perasaan kita baik atau buruk
We don't have to say it / kita tak perlu berucap
We don't have to say the words / kita tak perlu mengatakannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teng

Cantik menawan, terkenal, dan kaya, Itulah Teng Lie Chin atau yg lebih terkenal dgn sebutan Teressa Teng. Mungkin generasi saya ke a...