Selasa, 03 Juli 2018

Health and Strength

Orang biasanya menyebut HS, yaitu tempat olah raga angkat besi, atau yg sekarang kerennya disebut tempat Fitnes. lokasinya berada di Pagarsih tepatnya di gg. Citepus. Waktu saya kecil antara tahun 1975-1980 sering bermain kesana, melihat2 org yg angkat2 barbel sebesar pelek mobil, badannya rata2 besar, kekar berisi. Yang saya tahu nama2 mereka adalah A Hwa, Akiat, Taliwongso bersaudara, Pendi dll. 

Saya yg waktu itu masih SD, selalu melihat mereka dibangku panjang kantin ceu Epon, sambil jajan minuman seven up, biasanya yg angkat berat selalu minum teh manis, dan rasanya air mineral waktu itu belum ada.

Dalam hati saya bilang kalau sdh besar saya mau spt mereka, menjadi "orang kuat" Kayaknya gagah sekali berbadan kekar spt itu.
Saya ingat ditempat itu ada tulisan besar dgn spidol " Disini dilarang bicara Politik! ". Saya tahu jaman Soeharto waktu itu tabu bicara politik, kalau org2 kekar ngomong politik disana bisa berabe, pasti Koramil tdk lama datang menyerbu tempat itu.
Waktu cepat berlalu, saya lupa keinginan saya utk menjadi "orang kuat". Secara kebetulan sy bertemu dgn salah satu org kuat tsb. Saya tahu bahwa dia adalah salah satu dari Taliwongso bersaudara, yg sering ke HS.
Skr sdh tua, yg dulunya kekar skr kempes, Wajahnya terlihat keras dgn keriput yg bergaris2, Saya iseng menyapanya, ternyata betul dia adalah Alex Taliwongso, skr pegawai toko kain di jl. Otista.
Sy bilang dulu suka lihat Alex Taliwongso angkat berat di HS, saya kagum dgn bentuk badannya.dan dulu sy berpikir ingin kuat spt itu.
Alex tersenyum agak dipaksa sambil menatap tajam dan berkata "Orang kuat itu bukan suka angkat berat, orang kuat itu karena duit wan".
Saya setuju dgn Alex Taliwongso bahwa orang kuat itu karena duit.
Akhirnya saya sering ngobrol, dan bernostalgia antara 2 generasi berbeda.
Saya ingatkan memori2 dulu di HS, bahwa mereka kalau lagi angkat barbel. sering di putar lagu2 dari radio transistor merk Telesonic milik ceu Epon. Lagunya antara lain dari grup Pancaran Sinar Petromax /PSP yg berjudul Ogah Ah,
Emmmmhhh..waktu cepat berlalu Lex. (Kup19/8/17/ir1/abc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teng

Cantik menawan, terkenal, dan kaya, Itulah Teng Lie Chin atau yg lebih terkenal dgn sebutan Teressa Teng. Mungkin generasi saya ke a...