Jumat, 11 Desember 2015

Percy Sledge

Brooklyn, New York  tahun 1960…. Malam yang  basah seorang pemuda kulit hitam berjalan sambil menangis lirih, sesekali pemuda tsb diam, entah apa yg hrs dilakukan..dibola matanya terlihat air mata yg bercampur dgn titik2 hujan.  Pemuda tsb hanya bisa pasrah ketika kekasihnya menyuruhnya untuk pergi dari hidupnya…seakan tak pernah ada jalan keluar, pemuda tersebut berjalan tanpa arah…
Pemuda tsb adalah Percy Sledge seorang yg kemudian terkenal seb penyanyi  kulit hitam. Di Brooklyn bukanlah tempat yg ramah bagi seorang pemuda, kehidupan Gank2 kulit hitam membentuk pemuda2 Brooklyn sgt kasar, pemarah dan egois. entah kenapa seorang Percy Sledge yang berwatak kasar bisa luluh dan menitikan air mata dikala kekasihnya marah.
Kejadian pd malam  dimana ia menangis itu dituangkan dalam sebuah coretan pd bungkus rokok,  diberi  judul ..When a man loves woman.  Dan pd thn 1966 ketika dia sdh  menjadi penyanyi ,  Percy  Sledge  menerbitkan album pertamanya dengan judul yg sama “ When a Man Loves Woman”. Namun sayang lagu tersebut tdk laku dijual. Tetapi  takdir menentukan lain pd tahun 1980 justru lagu tsb sangat popular di Amerika dan menduduki rangking teratas Top Ten Radio selama beberapa bulan. Baru kemudian Percy Sledge mendapat uang yang banyak, dia sebut sebagai uang “Renaisance”.
Apalagi pd thn 1994 Meg Ryan dan Andy Garcia bermain bagus sekali dalam film yg berjudul “When a man loves women”    dengan soundtrack lagu Percy Sledge itu.

Lengkaplah sudah bahwa tangisan Percy Sledge di thn 1960 itu membawa inspirasi yg dalam bagi setiap laki-laki, saya hanya mengutip sebagian  saja krn panjang skl syairnya ( KUP Ir-1 20/3/14)


When a man loves a woman/ketika pria mencintai wanita
Can't keep his mind on nothin' else/dia tdk pernah berpikir pd hal yg lain
He'd trade the world/dia akan menukar dunianya 
For a good thing he's found/dgn kebaikan yg dia temukan
If she is bad, he can't see it/apabila wanita itu terlihat buruk, dia takkan melihatnya
She can do no wrong/wanita takan pernah salah



When a man loves a woman/ketika pria mencintai wanita
He'd give up all his comforts/ dia menyerahkan semua kenyamananya
And sleep out in the rain/ dan rela tidur diluar meski  hujan
If she said that's the way/ jika wanita menyuruhnya  begitu
It ought to be/ memang seharusnya begitu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teng

Cantik menawan, terkenal, dan kaya, Itulah Teng Lie Chin atau yg lebih terkenal dgn sebutan Teressa Teng. Mungkin generasi saya ke a...